Perbedaan SMA dan SMK

Ketika lulus SMP banyak dari siswa/i bingung mau memilih masuk SMA atau SMK, bahkan orangtua siswa/i pun belum mengerti perbedaan SMA SMK. Ada beberapa hal yang membedakan antara SMA dan SMK, ini beberapa perbedaannya dari banyak hal mengenai perbedaan antara SMA dan SMK.

1. Secara teori dan Akademik

Jelas, SMA lebih unggul ketimbang SMK dalam hal teori ataupun akademik, karena lulusan SMA lebih ditekankan untuk masuk kedalam perguruan tinggi. Dalam hal ini bukan berarti SMK minim akan teori dan pengetahuan akademiknya, tetapi dalam segi teori antara SMA dan SMK memang terlihat jelas bahwa SMA itu lebih banyak teori ketimbang praktek.

2. Keterampilan atau Softskill

Jika dalam teori SMK kalah oleh SMA, maka didalam keterampilan justru SMK lebih bisa diandalkan ketimbang SMA. Karena lulusan SMK diprioritaskan untuk terjun kelapangan pekerjaan setelah lulus dari satuan pendidikan. Meskipun SMA juga bisa lamgsung terjun kelapangan pekerjaan, tapi lulusan SMK lebih dapat dipercaya dalam urusan skill.

3. Keadaan Siswa-Siswi

Biasanya jumlah siswa-siswi setiap kelas di SMA memiliki jumlah yang seimbang, misalkan lelaki 16 dan perempuan 15 untuk jurusan IPA dan IPS. Sedangkan di SMK jumlah antara siswa laki-laki dan perempuan tidak menentu, tergantung program keahlian (jurusan). Sebagai contoh didalam satu kelas jurusan otomotif akan dominan laki-laki sedangkan untuk broadcasating dominan perempuan.

4. Sistem Belajar

Sistem pembelajaran antara SMA dan SMK bisa dibilang agak berbeda. Untuk SMK cenderung lebih menekan dan keras terhadap materi, fisik dan mental supaya ketika masuk kedunia pekerjaan mereka sudah terbiasa.

5. Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Dikarenakan siswa lulusan SMK lebih dikhususkan untuk langsung bekerja, maka selama dalam proses KBM setiap siswa-siswi akan ditugaskan untuk praktek diluar sekolah sesuai  dengan jurusannya masing-masing. Berbeda dengan SMK, SMA tidak akan mengalai proses PKL semasa kalian bersekolah sebagai gantinya mungkin ada tugas akhir semester.

6. Untuk Kedepannya

SMA maupun SMK antara keduanya memiliki tujuan yang sama untuk kedepannya, yaitu meraih kesuksesan. Tamatan SMA cenderung lebih di prioritaskan untuk masuk ke perguruan tiggi, meskipun masuk dunia kerja juga bisa. Sedangkan SMK lebih ditujukan untuk kalian yang minim biaya dan ingin langsung tempur didunia pekerjaan.

baranur

I'm a teacher of Informatic at Tri Sukses High School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *